Selasa, 03 Januari 2012

7 Pulau Terunik Yang Pernah Ada Di Dunia

Inilah 7 pulau terunik yang mempunyai ciri khas tersendiri di dunia

Ometepe: Pulau Tertua di Dunia
Ometepe merupakan  salah satu pulau tertua di dunia. Pulau ini terbentuk dari dua gunung api yang menyembul dari danau Nikaragua di Republik Nikaragua. Namanya diambil dari bahasa Nahuatl, kata ome yang berarti dua dan kata tepel yang berarti pegunungan. Kalau dua kata itu digabung maka artinya adalah dua gunung. Dua gunung api yang membentuk pulau tersebut adalah Concepci�n and Maderas . Walupun pualu ini berbahaya karena gunung berapi nya bisa meletus sewaktu-waktu, akan tetapi tetap saja ada penduduk yang berdiam di sekitarnya. Jumlah penduduknya sekitar 35.000 jiwa dengan mata pencarian penduduk utamanya pertanian, beternak. Daerah ini juga merupakan daerah pariwisata.

Ellesmere: Pulau Kecil Yang Membeku

Ellesmere adalah salah satu pulau di dunia yang membeku karena dingin nya cuaca sekeliling nya. Pulau ini terdapat di sebelah barat Greenland, Kanada, dimana para pakar geologi dan pakar biologi sering mengadakan penelitian. Lahan disekitarnya merupakan lahan tandus sehingga cocok untuk para pakar mempelajari perubahan alam.

Azores: Rugged and Remote

Azores adalah kepulauan vulkanik yang berada di lepas pantai Portugal. Pulau yang berada di samudera atlantik ini sungguh unik dimana perubahan cuaca terjadi dengan sangat cepat. Penduduk di pulau tersebut mengatakan bahawa empat musim bisa terjadi dalam satu hari. Benar-benar aneh! selain itu, temperatur didalam tanah nya sangking panasny bisa dipakai untuk memasak makanan. Jadi kalau anda datang kepulau ini dan ingin menghemat biaya makan. Tinggal bawa panci dan galilah tanah. Masukkan panci maka makanan anda akan matang tanpa memerlukan api ataupun kompor. Menakjubkan bukan?

Jawa: Pulau Penuh dengan Orang

Jawa merupakan pulau unik karena merupakan pulau dengan jumlah penduduk terpadat di dunia. Jumlah penduduk pulau Jawa berada di Indonesia (semua orang Indo pasti tau nech) mencapai 125 juta jiwa. Selain terkenal unik karena mempunyai jumlah penduduk yang terpadat, pulau ini juga terkenal karena di apit oleh dua pulau mega city yaitu Jakarta dan Surabaya sehingga pulau jawa ini mempunyai pemandangan yang sangat indah.

Peacock: Pulau Suci ditengah sungai

Pulau mungil Peacock Island disebut pulau suci karena berada di wilayah candi-candi suci Umananda. Pulau mungil ini berada di tengah sungai Brahmaputra yang luas di Propinsi Assam, India. Candi Umananda dibangun di Guwahati pada 1594, oleh Raja Ahom Assam.

Selain candi Umananda, terdapat candi-candi lain di Propinsi Assam. Salah satu candi yang paling banyak dikunjungi adalah candi pemujaan Dewa Siwa. Untuk mencapai kuil, orang harus menyeberangi sungai dengan perahu dari Kachari ghat. Terdapat juga feri yang tersedia dari jam 7 pagi di pagi sampai 5 sore di malam hari.

Spratly: Pulau Yang Paling Banyak Diperebutkan

Pulau ini unik karena merupakan milik banyak orang. Kepulauan Spratly adalah pulau dengan rangkaian 650 pulau karang yang terletak di Laut Cina Selatan, antara Filipina dan Vietnam. The Spratlys, sebagaimana mereka disebut, adalah bagian dari tiga kepulauan di Laut Cina Selatan, terdiri dari lebih dari 30.000 pulau dan terumbu karang dan yang begitu merumitkan geografi, pemerintahan dan ekonomi di wilayah Asia Tenggara.

Pernah dilakukan suatu survey terhadapa kepulauan ini dan hasilnya mengindikasi bahwa kepulauan ini mengandung banyak minyak dan gas bumi. Yang unik dari kepulauan ini adalah 45 pulau ditempati oleh sejumlah kecil pasukan militer dari berbagai Negara yakni Cina, Taiwan, Malaysia, Vietnam, Brunei.

Samosir: Pulau di dalam pulau

Pulau Samosir adalah pulau di tengah Danau Toba yang merupakan danau terbesar di Sumatera Utara, Indonesia. Pulau Samosir diyakini sebagai pulau terbesar yang terdapat dalam sebuah pulau. Luas pulau samosir ini sebear 630km dimana luas ini hampir sebesar luas asli negara Singapura yaitu 714 km2. 630 km2.

Pulau Samosir terbentuk karena letusan gunung berapi yang terjadi sekitar 30.000 tahun dan danau Toba sendiri terjadi 75.000 tahun lalu yang juga disebabkan oleh letusan gunung api. Selain pulau samosir, letusan gunung api juga menyebabkan munculnya semenanjung di daratan pulau sumatera yang kini menjadi kota kecil Prapat. Baik Pulau Samosir maupun Danau Toba adalah merupakan pusat pariwisata di Sumatera dan memiliki pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Iptek-4u - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons