Minggu, 18 Desember 2011

5 Wahana Roller Coaster Tercepat


Roller coaster adalah wahana permainan berupa kereta yang dipacu dengan kecepatan tinggi pada jalur rel khusus, biasanya terletak di atas tanah yang memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Rel ini ditopang oleh rangka baja yang disusun sedemikian rupa. Wahana ini pertama kali ada di Disney Land Amerika Serikat. Berikut uniknya.com paparkan 5 Wahana Roller Coaster Tercepat di dunia:
1. Formula Rossa, Uni Emirat Arab (240 km/h)
Formula Rossa adalah roller coaster yang terletak di Ferrari World Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Formula Rossa dibuka untuk umum pada November 2010. Saat ini Formula Rossa adalah roller coaster tercepat di dunia dengan kecepatan maksimal 240 km / jam.

Jalur roller coaster ini panjangnya mencapai 2,2 kilometer yang menduduki peringkat 6 di dunia. Karena kecepatannya yang cepat dan tempatnya berada di daerah gurun pasir maka penumpang harus mengenakan kacamata pelindung. Formula Rossa memiliki empat gerbong roller coaster dengan desain menyerupai mobil balap. Setiap gerbong roller coaster dapat menampung empat orang jadi daya angkut maksimum roller coaster ini adalah 16 penumpang. Gerbong roller coaster didesain menyerupai mobil balap Felipe Massa Ferari.

2. Kingda Ka, AS  (206 km/h)
roller coaster terletak di Six Flags Great Adventure di Jackson, New Jersey, Amerika Serikat. Wahani Inipernah menjadi roller coaster tertinggi di dunia, dan tercepat di dunia sampai Formula Rossa dibuka pada November 2010. Kereta ini diluncurkan oleh peluncuran mekanis hidrolik hingga mampu mencapai kecepatan 128 mil per jam  dalam 3,5 detik. Pada akhir jalur peluncuran, kereta memanjat menara utama atas, yang mencapai ketinggian 456 meter dengan panjang lintasan mencapai 3.118 kaki (950 m).

3. Top Thrill Dragster, AS (190 km/h)
Top Thrill Dragster adalah wana roller coaster yang terletak di Cedar Point di Sandusky, Ohio-AS. Salah satu spot wahana ini, memiliki ketinggian mencapai 400 kaki (120 m). Dibangun oleh Intamin dan debut pertamanya untuk umum pada tanggal 4 Mei 2003.

4. Dodonpa, Jepang (172 km/h)
Dodonpa adalah sebuah nama wahana roller coaster di Fuji-Q Highland, Fujiyoshida, Yamanashi di Jepang.  Dibuka pada tahun 2001 dan dibuat oleh S & S Power dari Utah, AS.
Wahana ini memiliki tinggi 52 meter dan memiliki kecepatan peluncuran mencapai 172 km/h, yang dicapai dalam 1,8 detik.

5. Tower of Terror II, Australia (161,9 km/h)
Tower of Terror II atau Menara Teror II adalah wahana roller coaster yang terletak di taman hiburan Dreamworld di Gold Coast, Queensland, Australia. Tower of Terror dibuka pada tanggal 23 Januari 1997, merupakan roller coaster pertama di dunia yang mencapai kecepatan 161,9 kilometer per jam, yang menjadikan roller coaster ini tertinggi dan tercepat di dunia pada masanya. Biaya pembangunan wahana ini mencapai $16 juta, yang dibangun oleh Intamin
sumber :  wikipedia.org





2 komentar:

Bunga Wijaya Kusuma, Bunga yang Misterius

Wijaya kusuma sudah menjadi salah satu bunga yang langka dan penuh misteri. Bunganya akan semerbak mewangi ketika mekar. Namun sulit memp...