Kamis, 28 Juli 2011

Windows Vista Vs Windows XP


Sekitar bulan Desember 2006, Microsoft sudah merilis peluncuran terbaru Windows versi terbaru yang diklaim merupakan perkembangan versi windows terbaik yang memiliki keunggulan dari segi visualisasi dan daya tahan terhadap serangan virus, spyware dll. Namun windows vista yang diluncurkan bulan Desember hanya untuk kalangan korporat saja. Untuk kalangan umum windows vista sudah dapat dicicipi pada bulan Februari 2007, itupun hanya bisa dicicipi di luar negeri. Lalu bagaimana dengan Indonesia, menurut situs resmi www.microsoft.com bahwa rilis resmi di Indonesia sekitar bulan Mei 2007. Namun ternyata versi bajakannya sudah banyak beredar di Indonesia.
      Syarat minimal yang direkomendasikan microsoft untuk menjalankan Windows Vista dengan kemampuan standar adalah Processor 1,6 GHz dengan RAM 512 MB dan VGA 64 MB. Lalu bagaimana dengan kemampuan maksimal yaitu dengan spesifikasi Processor minimal 2,0 GHz dengan RAM 1 GB dan VGA 128 MB dengan pixel shadder 2.0. dengan spek terakhir ini sudah bisa dijamin fasilitas terbaru Vista yaitu aero dapat dijalankan, meskipun untuk mejalankannya dengan lancar perlu menmbah memory lebih banyak.

Lalu apakah dengan munculnya Vista mengharuskan semua pengguna untuk migrasi ke Vista???ternyata tidak. Karena beberapa aplikasi terbaru masih belum banyak yang mensuport versi 64 bit yang menjadi keunggulan vista. Oleh karena itu dirasa mubazir jika kita membeli seperangkat komputer sekarang untuk mencicipi fasilitas vista.
Kata orang dahulu “banyak jalan menuju Roma”. Maksudnya banyak jalan untuk mencicipi Windows Vista tapi tridak perlu membeli versi aslinya. Lalu pertanyaannya bagaimana???apakah harus membeli versi bajakannya??? (say no piracy….katakan tidak untuk pembajakan). Ya tidak perlulah. Ternyata ada program yang dijalankan pada Wsindows XP tapi kita bisa merasakan fitur Windows vista. Misalnya dengan program Tune Up Utilities atau Windows Vista inspirate yang membuat tampilan Windows XP serupa dengan Windows Vista. Meskipun dengan langkah yang cukup menyusahkan pengguna.
Lalu ternyata penggunaan program tersebut memberatkan komputer, bahkan ada yang sampai merusak sistem operasi. Bagaimana caranya?? Yaitu sebelum menginstal program itu komputer kita memang berisiko mengalami kerusakan. Cara mengantisipasinya dengan menggunakan system restore atau memback up semua data beserta setting sistem operasi sekarang. Ini sebagai langkah antisipasi terhadap kerusakan sistem operasi yang akan terjadi. Menurut pengalaman penulis, di antara semua program itu, yang paling aman digunakan adalah Tune Up Utilities 2007. Karena semua opsi back up dan settingan default sudah tersedia. So anda tinggal menentukan pilihan. Apakah harus membeli Windows Vista atau hanya ingin mencicipinya sembari menunggu perkembangan piranti lunak yang akan menudukung Vista (Jiib2007).



Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Iptek-4u - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons